Tradisi-Tradisi Unik Rayakan Lebaran Di Indonesia

Mezora - Dibentuk dengan berbagai kebudayaan yang terbentang dari Sabang hingga Merauke, Indonesia memiliki banyak sekali tradisi unik yang mungkin belum diketahui oleh khalayak banyak. Termasuk tradisi keagamaan seperti Hari Raya Idul Fitri.

Banyak dari kita yang belum mengetahui bahwa ada banyak tradisi unik merayakan lebaran di beberapa wilayah Indonesia. Yuk cari tahu apa aja sih tradisi-tradisi unik tersebut?

Meugang, Aceh

Menjelang Hari Raya warga Aceh memiliki tradisi unik yang disebut dengan Meugang, yaitu tradisi memasak dan makan bersama sebagai bentuk berbagi pada sesama. Biasanya, warga akan beramai-ramai menyembelih kambing atau sapi kemudian mengolahnya dan memakannya bersama-sama. Selain berbagi, tradisi Meugang ini pun menjadi ajang silaturahim antar tetangga dan keluarga.

Ronjok Sayak (Bakar Gunung Api), Bengkulu

Di malam takbiran, warga Bengkulu akan beramai-ramai menyusun batok kelapa hingga tinggi menjulang dan membakarnya di depan rumah. Hal ini dilakukan sejak zaman dahulu sebagai simbol syukur kepada Tuhan dan doa bagi arwah leluhur.

Meriam Karbit, Kalimantan Barat

Jika Bengkulu membakar Ronjok Sayak, warga Kalimantan Barat akan menyalakan meriang karbit di sungai Kapuas. Tradisi unik ini sudah dilakukan sejak 200 tahun yang lalu lho. Saat menjelang malam takbiran, warga pontianak akan berkumpul di sekitar pinggir sungai Kapuas di Pontianak untuk menyalakan meriam meriam besar tersebut sebagai tanda datangnya hari kemenangan.

Bedulag, Bangka

Hampir mirip dengan warga Aceh, masyarakat Bangka memiliki tradisi makan bersama menjelang Hari Kemenangan tiba. Yups, Bedulag! Nama tradisi ini diambil dari istilah tudung saji yang digunakan dalam acara.

Saat makan bersama, warga dilarang menggunakan sendok atau garpu. Seluruh peserta hanya menggunakan tangan yang sudah dicuci sebelumnya. Jika kamu berkesempatan untuk ikut serta, persilahkan orang yang lebih tua untuk terlebih dahulu mengambil hidangan.

Grebeg Syawal, Jogja

Masyarakat Jogja juga merupakan masyarakat yang kental dengan tradisi. Saat Idul Fitri, masyarakat Jogja biasanya mengadakan tradisi Grebeg Syawal, yaoti mengarak gunungan yang berisi bahan makanan, sayur dan hasil bumi. Gunungan ini diarak dari Keraton Yogyakarta sampai ke Masjid Gede Keraton Yogyakarta.

Perang Topat, Lombok

Meskipun namanya terkesan menyeramkan, namun Perang Topat ini diselenggarakan untuk mempererat hubungan anatara umat beragama lho. Awalnya, masyarakat akan mengarak hasil bumi kemudian di puncak acara mereka akan saling lempar ketupat. Hali ini dipercaya untuk mempercepat doa dikabulkan.

Nyama, Bali

Di Bali, masyarakat muslim bukanlah mayoritas, karena masyarakat minoritasnya beragama Hindu. Saat menjelang Idul Fitri, masyarakat muslim biasanya melakukan tradisi ngejot, yaitu menyajikan hidangan untuk masyarakat sekitar. Begitu juga sebaliknya, di saat Hari Raya Nyepi masyarakat Hindu juga menyajikan hidangan untuk masyarakat muslim.

Binarunduk, Sulawesi Utara

Sulawesi Utara pun ternyata memiliki tradisi unik lho untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri. Masyarakan akan berbondong-bondong ke lapangan luas untuk memasak nasi khas Sulawesi  Utara, nasi Jaha.

Nasi jaha adalah nasi yang dimasak dengan campuran jahe, santan dan beras ketan yang dimasukkan ke dalam batang bambu dan dilapisi daun pisang. Bambu tersebut kemudian dibakar dengan serabut kelapa. Pembakaran bambu ini biasanya dilakukan di lapang ataupun di jalanan. Tradisi ini biasanya dilakukan di 3 hari setelah Lebaran.

Festival Tumbilotohe, Gorontalo

Bisa dikatakan, tradisi yang dimiliki oleh warga Gorontalo ini benar-benar terlihat indah. Menjelang Hari Raya biasanya saat malam takbiran, warga akan mulai menyalakan penerangan berbahan minyak tanah di sepanjang jalan.

Dahulu, Tumbilotohe ini berguna agar warga mudah mengakses jalan saat membagi-bagikan zakat. Sekarang tradisi ini menjadi keindahan tersediri di kota Gorontalo.

Nah, itulah beberapa tradisi unik menyambut lebaran di Indonesia. Bagaimana dengan tradisi lebaran di tempat tinggal mu?