Satu Rahasia Agar Hidup Lebih Tenang Dan Bahagia

Mezora - Banyak orang yang merasa tidak tenang dalam hidupnya, padahal ia hidup dalam keadaan sangat berkecukupan. Beberapa aktris dan tokoh terkenal di luar sana bahkan berani mengakhiri hidup dengan alasan dirinya tidak menemukan ketenangan. Hal itu membuktikan bahwa, ketenangan dan kedamaian hidup bukan berasal dari harta atau kekuasaan.

 

Lalu, bagaimana cara yang paling benar untuk mendapatkan ketenangan dalam hidup?

Memiliki emosi seperti sedih ,gelisah, marah dan lain sebagainya memang merupakan hal yang manusiawi. Biasanya, emosi-emosi seperti itu akan muncul ketika sesuatu yang buruk terjadi, namun tidak menutup kemungkinan muncul saat hidup sedang baik-baik saja. Hal itu disebabkan karena, manusia selalu merasa kurang atas segala sesuatu. Akhirnya, mereka akan terus berusaha mencapai keinginannya untuk merasa puas dan tenang.

Padahal, sudah jelas disebutkan dalam Al-Quran bahwa orang-orang yang akan mendapatkan ketenangan adalah mereka yang menjaga imannya. Allah Subahanu wa Ta’ala berfirman,

Orang-orang yang beriman dan tidak mencapuradukkan iman mereka dengan kedzaliman (syirik), mereka itulah yang mendapat ketenangan dan mereka itu adalah orang-orang yang mendapat petunjuk.”(Q.S Al-Anaam:82).

Seperti yang disebutkan oleh Nouman Ali Khan, dalam salah satu tausyiahnya. Bahwa banyak orang yang merasa akan mendapatkan kebahagiaan saat memiliki sebuah harta. Padahal hal itu hanya akan membawanya untuk terus mengejar harta lain dan akhirnya merasa tidak tenang.

Rahasia agar hidup tenang dan bahagia adalah hiduplah dengan menyerahkan segala persoalan pada pemilik alam semesta. Yakinlah Allah telah menyiapkan jalan keluar bagi orang yang sabar dan selalu bersujud kepada-Nya. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ اسْتَعِينُواْ بِالصَّبْرِ وَالصَّلاَةِ إِنَّ اللّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ

“Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah [2]: 153).

 

Tags: Muslim Talk