Perhatikan Penampilan Saat Beribadah Untuk Menghormati Allah

Mezora - Selama ini, fashion memang identik dengan kaum hawa. Hal ini dikarenakan para wanita dinilai lebih fokus terhadap penampilannya, mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki. Sedangkan para pria-meski ada lini fashion khusus pria-masih cenderung lebih cuek dalam berpenampilan. Bahkan ada yang sama sekali tidak peduli dengan apa yang dikenakannya.

Berbiacara dengan penampilan para pria yang terkesan cuek, sebenarnya ini tidak sesuai dengan ajaran agama Islam lho. Bukan berarti harus menjadi lelaki flamboyan yang sangat memperhatikan penampilan seluruh tubuhnya, tapi lebih konsen pada kebersihan tubuh dan apa yang dikenakannya. Rasanya, enggan juga kan jika melihat seseorang berambut acak-acakan dan mengenakan kaos oblong berwarna suram dan tidak di setrika.

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

"Sesungguhnya Allah itu indah, menyukai keindahan" (HR. Muslim)

Oleh karena itu, sudah semestinya setiap muslim dan muslimah memperhatikan penampilannya, terutama ketika akan beribadah. Jangan sampai ketika sujud, bagian pinggul belakang terbuka karena mengenakan t-shirt yang terlalu pendek. Belum lagi, celana jeans robek-robek dibagian lutut.

Terkadang ada juga yang sepertinya tak sempat menurunkan gulungan celananya setelah wudhu. Sehingga terlihat tidak berarturan, celana sebelah kiri naik hingga pertengahan betis dan satunya lagi turun menjuntai diatas mata kaki. Setidaknya, buat tampilan menjadi enak dilihat. Apalagi shalat adalah waktu dimana seorang hamba menghandap Pencipta-Nya.

Selain pakaian, wewangian pun menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Meski tak mengenakan parfum, setidaknya gunakan deodoran untuk membantu meminimalisir bau dari keringat, karena mengenakan wewangian termasuk yang disunnahkan.

 

 

Tags: Fashion