Makanan Khas Lebaran Dari Berbagai Daerah Di Indonesia

Mezora - Hari Raya Idul Fitri identik dengan kumpul keluarga dan berkunjung pada sanak saudara seraya mempererat tali silaturahim. Selain itu, satu hal yang membuat rindu adalah berbagai macam makanan khas lebaran yang melemahkan iman untuk diet.

Opor ayam, gulai, ketupat dan sejenisnya tersedia di meja makan. Belum lagi kudapan-kudapan kecil yang menyambut tetamu yang datang.

Nah, tahukah kamu jika Indonesia memiliki beragam makanan lebaran yang khas dari berbagai daerah. Berikut ulasannya.

Panggang Haruan, Banjar

Panggang Haruan adalah ikan gabus asap yang dimasak dengan kuah santan. Biasanya masyarakat Banjar memakan panggang haruan dengan lontong atau ketupat. Duh jadi penasaran ya rasanya seperti apa.

Kellapate, Madura

Sama seperti Panggang Haruan yang menggunakan bahan baku ikan, Kellapate pun menjadikan ikan tenggiri sebagai bahan utamanya. Ikan tenggiri segar, dimasak dengan santan dan dipadukan dengan belimbing wuluh dan potongan cabai. Nikmat!

Gulai Nangka, Medan

Jika berkunjung ke daerah Medan di suasana lebaran, pasti kamu akan mendapati gulai nangka dimana-mana. Gulai ini memakai nangka muda yang dipadukan dengan irisan daging iga dan rempah-rempah.

Bebek Gulai Kurma, Aceh

Ini memang juara! Bebebk Gulai Kurma akan membuat siapa saja selalu rindu dengan kelezatan dan suasana kebersamaan Hari Raya. Namun ternyata meskipun ada embel-embel nama kurma, Bebek Gulai Kurma khas Aceh ini sama sekali tidak menggunakan kurma sebagai bahan bakunya.

Lemang, Sumatera Selatan

Jauh sebelum Lebaran bahkan sejak hari pertama puasa, lemang sudah banyak dijual di pinggir-pinggir jalan daerah Sumatera Selatan, salah satunya adalah Palembang. Selain menjadi makanan khas Ramadhan, lemang juga menjadi sajian khas di hari Lebaran. Lemang adalah makanan yang terbuat dari beras yang digulung dengan selembar daun pisang. Gulungan ini berisi tepung beras yang dicampur dengan santan kelapa. Cara memasaknya adalah dengan dimasukkan ke dalam seruas bambu kemudian dibakar hingga matang.

Semur Betawi, Jakarta

Bahan utamanya adalah daging sapi yang di potong layaknya saat membuat rendang. Yang unik dari semur betawi adalah penggunaan dua bumbu yaitu bumbu tumis dan bumbu pelumur yang membuat semur betawi menjadi lebih nikmat.

Buras dan Ayam gagape, Makasar

Jika di sebagian besar daerah Indonesia Lebaran identik dengan ketupat, maka lain lagi di Makassar yang identik dengan buras. Buras sebenarnya adalah sejenis ketupat namun rasanya lebih gurih karena dimasak dengan santan terlebih dulu sebelum direbus. Buras biasanya disajikan dengan aya, gagape yaitu ayam yang dimasak bersama air, serai, lengkuas, daun salam dan kunyit hingga setengah matang dan mengering. Kemudian ditambahkan dengan bumbu tumis yang terdiri dari bawang merah dan bawang putih bersama santan sambil diaduk agar santan tidak pecah. Di akhir proses memasak, tambahkan kelapa parut sangrai agar kuahnya lebih kental dan gurih.

Lodeh Terong, Pekalongan

Di Jawa Tengah dan Jawa Timur, lodeh terong menjadi makanan wajib di hari Lebaran selain ketupat sayur. Terong yang digunakan adalah terong hijau yang dimasak dengan santan, daun melinjo dan irisan bunga kecombrang yang menjadi ciri khas dari lodeh terong ini. Lodeh terong ini bisa dinikmati bersama dengan ketupat sayur ataupun nasi putih.