Fakta Permainan Panjat Pinang Di Acara Tujuh Belasan

Mezora - Memperingati Kemerdekaan negeri tercinta ini, masyarakat biasanya mengadakan permainan-permainan seru yang akan melibatkan seluruh warga. Balap karung, lomba makan kerupuk dan yang paling ditunggu-tunggu adalah panjat pinang.

Panjat pinang, memang menjadi salah satu permainan paling seru saat tujuhbelasan meski begitu, tak semua orang suka dengan adanya permainan tersebut. Alasannya adalah karena sejarah panjat pinang yang berasal dari Belanda.

Lomba yang mengharuskan para pemainnya memanjat batang pohon yang telah dilumuri oli ini, pada zaman penjajahan dulu adalah salah satu bentuk permainan yang diadakan saat ada keluarga Belanda mengadakan acara besar seperti pernikahan.

Hadiah yang diikat dibagian atas batang pinang bukanlah haidah mewah seperti yang biasa diberikan saat ini, namun lebih ke bahan pokok seperti keju, gula dan juga pakaian yang biasanya orang-orang pribumi sulit mendapatkannya karena terlalu mahal.

Para pribumi yang bersusah payah memperebutkan hadiah yang dianggap remeh oleh Belanda menjadi tontonan yang menyenangkan bagi mereka. Karena alasan inilah beberapa anak bangsa keberatan jika panjat pinang terus diadakan. Lalu bagaimana menurut mu?

Tags: Event