Menjelang Ramadhan, Jangan Lupa Baca Doa Ini

Mezora - Bulan Ramadhan tinggal beberapa hari lagi, saat ini umat Islam di seluruh dunia tengah mempersiapkan diri untuk menyambut bulan suci favorit semua orang. Mulai dari pusat pembelanjaan hingga iklan-iklan televisi bahkan sudah sejak lama menghadirkan suasana bulan Ramadhan yang berbeda dari bulan-bulan lainnya.

Euphoria menjelang bulan Ramadhan pun dirasakan oleh para sahabat Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi wa Sallam. Jangan salah paham dahulu, euphoria tersebut tak di rayakan dengan pesta atau menghias rumah dengan pernak-pernik yang tak perlu. Melainkan dengan mengucapkan kalimat-kalimat mengandung doa kebaikan dan harapan.

Diantara doa sebagian sahabat ketika datang Ramadhan,

اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِي إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـي رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِي مُتَقَبَّلاً

“Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan.” (Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 264)

Ada satu lagi doa yang dianjurkan untuk dibaca saat memasuki bulan Ramadhan. Namun sebenarnya ini adalah doa umum yang boleh dibaca saat memasuki bulan baru. Doa ini adalah doa melihat hilal,

اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْأَمْنِ وَالْإِيمَانِ، وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ، وَالتَّوْفِيقِ لِمَا نُحِبُّ وَتَرْضَى، رَبُّنَا وَرَبُّكَ اللَّهُ

“Allahu akbar, ya Allah jadikanlah hilal itu bagi kami dengan membawa keamanan dan keimanan, keselamatan dan islam, dan membawa taufiq yang membimbing kami menuju apa yang Engkau cintai dan Engkau ridhai. Tuhan kami dan Tuhan kamu (wahai bulan), adalah Allah.” (HR. Ahmad 888, Ad-Darimi dalam Sunannya no. 1729, dan dinilai shahih oleh Syua’ib Al-Arnauth dalam Ta’liq Musnad Ahmad, 3/171).

Meskipun dianjurkan, doa ini hanya dibaca ketika seseorang melihat hilal di awal bulan. Oleh sebab itu, bagi yang tidak melihat hilal tidak disyariatkan membaca doa ini ketika masuk awal bulan.

Tags: Muslim Talk