Disukai Rasulullah, Ternyata Ini Lho Manfaat Kandungan Semangka Untuk Tubuh

Mezora - Saat hari sedang panas, satu potong semangka pasti akan membuat tenggorokanmu segar. Kandungan airnya yang cukup banyak serta rasanya yang manis mampu menghilangkan dahaga.

Tahukah kamu, ternyata semangka termasuk buah yang spesial lho. Ya, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam diketahui senang memakan buah berdaging merah atau kuning ini. Diriwayatkan dari Aisyah Radhiyallahu Anha,

“Sesungguhnya Nabi-shallallahu alaihi wasallam-sering makan semangka disertai ruthab.” (HR.at-Tirmidzy)

Kandungan vitamin dalam semangka pun ternyata sangat banyak seperti mineral, kalium, betakaroten, vitamin C dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dengan kandungan vitamin yang banyak itulah, semangka menjadi buah yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat semangka bagi kesehatan tubuh yang jarang diketahui.

Semangka membuat jantung kita lebih sehat

Likopen sifat antioksidan yang kuat. Zat tersebut banyak terdapat pada buah berwarna cerah seperti merah, kuning atau oranye termasuk dalam semangka. Likopen tersebut sangat bermanfaat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Oleh karena itu sangat baik untuk kesahatan organ jantung yang kita miliki

Mata menjadi lebih sehat dan bersinar

Betakaroten yang dimiliki buah semangka akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. sebagaimana kita tahu bahwa vitamin A sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Oleh karena itu bagi anda yang memiliki mata minus dan ingin menyembuhkannya, banyak-bayak lah mengonsumsi buah semangka.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C yang dimiliki oleh semangka sangat banyak. Vitamin C itulah yang membantu tubuh meningkatkan sistem kekebalannya. Sehingga tubuh akan kuat menghadapi segala cuaca. Apalagi saat musim panca roba seperti sekarang ini.

Melindungi tubuh dari radikal bebas

Semangka memiliki kandungan karotenoid yang berfungsi untuk menagkal radikal bebas. Jadi bagi anda yang sering beraktivitas di lingkungan yang memiliki kadar radikal bebas yang tinggi seperti lingkungan pabrik, jalan raya serat lingkungan lainnya yang memiliki udara kotor. Tangkal semua radikal bebas dengan semangka.

Menjadikan tulang lebih kuat

Mungkin kebanyakan orangtidak mengetahui bahwa semangka memiliki kadar kalium yang tinggi disbandingkan dengan buah yang lainnya. Seperti halnya susu yang juga mengandung kalium, semangka sangat bermanfaat bagi kekuatan tulang.

Menyehatkan organ ginjal

Kandungan air dalam semangka yang mencapai 90 persen menjadikan semangka dapat membantu meningkatkan aliran urine. Nah, dengan lancaranya urine tersebut maka berdampak pula pada kesehatan organ ginjal

Semangka dapat mengurangi lemak dalam tubuh

Semangka adalah jenis buah yang kaya akan kandungan citruline yang berperan mengurangi lemak berlebih dalam tubuh. oleh karena itu, bagi anda yang sedang melakukan proses diet mengonsumsi semangka sangat dianjurkan.

Tags: Healthy Tips