Benarkah Ada Anjuran Potong Kuku Pada Hari Jumat?

Mezora - Beberapa dari kita pasti masih ingat tentang kebiasaan 'Jumsih'. Ya, Jumat Bersih dimana kita dan teman-teman sekelas membersihkan sekolah atau setidaknya membersihkan diri seperti potong kuku dan rambut. Kalau tidak, maka ada hukuman yang harus diterima.

Dalam Islam sendiri, memang terdapat riwayat tentang membersihkan tubuh pada hari Jumat. Salah satunya untuk menghadapi shalat yang diwajibkan untuk para laki-laki Muslim. Namun, ada yang lebih khusus yaitu kebiasaan memotong kuku yang dilakukan oleh para sahabat para tabi'in.

Meski begitu, memang tidak ada dalil yang mengkhususkan untuk memotong kuku pada hari Jumat seperti yang dikatakan oleh Syeikh Muhammad bin Ismail Al-Muqqadam.

"Terdapat beberapa riwayat tentang tata cara memotong kuku. Memotong kuku ini bisa dilakukan di hari Kamis, Jumat atau hari lainnya. Tidak terdapat dalil sahih yang memberikan batas waktu memotong kuku dengan hari tertentu. Namun, umumnya ulama menganjurkan untuk melakukannya di hari Jumat. Mengingat, hari Jumat adalah hari raya mingguan. Demikian pula untuk memotong bagian tubuh yang kotor lainnya. Akan tetapi, tidak ada dalil yang mengkhususkan hal ini dengan waktu tertentu atau batasan tertentu. Karena itu, selama kuku ini layak untuk dipotong maka hendaknya seseorang memotongnya. (Sunan Al-Fitrah, 3:3)

Terlepas dari anjuran memotong kuku di hari-hari tertentu. Ada beberapa trik untuk membuat kuku lebih indah dan sehat, tentunya tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Pertama, adalah dengan merendam kuku dalam air hangat selama kurang lebih 2 menit sebelum dipotong. Ini dilakukan agar kuku lebih lembek saat dipotong.

kedua, Jangan memotong kuku terlalu pendek agar menghindari luka yang bisa menimbulkan infeksi pada kuku.

ketiga, oleskan campuran pasta gigi dan jeruk lemon pada kuku minimal 2 minggu sekali untuk menjaga tidak ada jamur kuku atau kuku berubah warna menjadi kuning.

Meskipun kadang kuku dipandang tidak terlalu penting, namun ternyata menjaga kesehatan kuku sangat bermanfaat untuk kesehatan. Selamat hari Jumat!

Tags: Muslim Talk