5 Tips Agar Rambut Tetap Sehat Meski Berhijab

Mezora - Menutupi rambut dengan jilbab tidak berarti mengenyampingkan kesehatan rambut. Rambut yang sehat dan kuat, tetap harus mendapatkan perawatan yang baik. Kamu tidak mau kan, jika rambut mu rontok, penuh ketombe bahkan berkutu.

Nah, berikut ini adalah tips yang bisa kamu lakukan untuk merawat rambut berhijab mu. Tak perlu sering ke salon ko, 5 tips sederhana ini bisa kamu tiru dirumah.

Saat Rambut Basah

Untuk kamu para hijabers, sebaiknya perhatikan waktu-waktu berkeramas. Jangan berkeramas beberapa saat sebelum kamu pergi. Sisakan setidaknya 30 menit setelah mandi untuk mengeringkan rambut terlebih dulu dengan menggunakan hairdryer atau secara alami. Hindari mengikat rambut atau mengenakan hijab saat rambut masih basah, karena akan menyebabkan rambut menjadi lembab dan berketombe.

Perawatan Sederhana

Saat kamu berada di rumah, luangkan waktu untuk melakukan perawatan rambut seperti masker, krimbat atau perawatan lain yang bisa kamu lakukan sendiri. Kamu juga bisa membiarkan rambutmu yang jarang terkena matahari untuk mendapatkan vitamin D dari matahari di pagi hari. Ingat ya, jangan terlalu lama membiarkan rambut di bawah sinar matahari terik. Menjemur rambut di pagi hari sebelum jam 9 sudah cukup.

Beri Rambut Waktu untuk Bernapas

Jika di luar rumah kamu lebih sering menutup rambut dengan hijab dan mengikatnya, sebaiknya kamu memberikan lebih banyak ruang untuk rambut bernapas saat di rumah. Usahakan untuk tidak mengikat rambut saat sedang di rumah, apalagi jika sedang tidur agar rambut mendapatkan sirkulasi yang baik. Sesekali, sisir rambut dengan jari dan berikan sedikit pijatan di kulit kepala agar rambut bisa bernapas dengan baik.

Cuci Ciput dengan Teratur

Tak bisa dipungkiri, hijabers kadang memiliki satu ciput andalan paling nyaman yang digunakan setiap hari. Jangan lupa untuk mencucinya secara teratur agar kuman tidak berkumpul di ciput.

Hindari Mengikat Rambut Terlalu Kencang
Sebelum mengenakan hijab, kita pasti mengikat atau menguglung rambut. Hindari mengikat terlalu kencang karena akan membuat rambut cepat rusak dan mudah rontok. Gunakan ikat rambut dengan elastisitas yang tepat agar rambut tetap nyaman.